Rabu, 10 Agustus 2011

Serba -Serbi Tentang Jurusan S1 Sistem Informasi

Guna mengetahui lebih jauh dikit tentan SI Sekilas tentang  Sistem Informasi, yang ada di STIKOM Surabaya.
Kali ini saya akan sedikit mengupas apa sih yang sebenarnya ada di  jurusan S1 Sistem Informasi.
S1 Sistem Informasi sendiri dipimpin oleh Pak Erwin Sutomo, S.Kom. Prodi (Program Studi) Sistem Informasi mempunyai Visi  antara lain :
Visi
Tercapainya keunggulan SDM yang mampu mengembangkan dan mengimplementasikan SI dengan memanfaatkan TI dalam berbagai aspek kehidupan untuk menjamin kesejahteraan manusia.

Dari visi tersebut, dapat diharapkan pada akhir tahun kedua para mahasiswa sudah bisa menjadi seorang programmer, lalu pada tahun ketiga memiliki kemampuan untuk menganalisis dan memecahkan masalah dengan menggunakan Sistem Informasi dan pada akhir tahun keempat diharapkan memiliki kemampuan mengorganisir suatu proyek sistem informasi di berbagai bidang organisasi bisnis (project manager IT).

Tujuan:
  • Menghasilkan Sarjana Komputer yang:
    1. Mampu berpikir analitis dan bertindak ilmiah dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi dunia bisnis dan industri dengan cara mengintegrasikan perancangan konsep, teknik dan perangkat sistem informasi dalam bentuk aplikasi.
    2. Mampu berempati dan bersimpati untuk bekerjasama, berkomunikasi, berinisiatif, dan berjiwa leadership & entrepreneurship.
    3. Menerapkan nilai-nilai kehidupan, kemandirian, berprestasi, keterbukaan dan ketangguhan dalam berorganisasi.
    4. Berstandar Internasional.
  • Menerapkan sistem jaminan mutu dalam proses pembelajaran.
  • Mengajarkan kurikulum yang sesuai dengan kompetensi.
  • Menghasilkan penelitian dan melaksanakan pengabdian masyarakat di bidang sistem informasi sebagai pengembangan keilmuan dan teknologi informasi yang mendatangkan manfaat dan kesejahteraan masyarakat luas.
Lulusan dari jurusan S1 Sistem Informsi ini adalah mampu melakukan rancang bangun sistem informasi berbasis komputer dan mengimplementasikannya dengan menggunakan metode, teknik dan alat bantu tertentu berikut dokumentasinya.

Mata Kuliah Pokok yang ada didalam Prodi ini adalah Pemprograman Berorientasi Objek, visual, web, database (Java, .NET, UML, Oracle) Pengembangan Aplikasi Berbasis Web, Datawarehouse dan OLAP, Jaringan Komputer, Mobile Application, Entrepreneur.

Dan Kesempatan Kerja yang bisa dimiliki oleh para mahasiswa setelah lulus dari Prodi ini adalah Systen Aplication Analyst, Database Administrator, System Development Manager, Hardware and Software Integrator, Software Development Manager, MIS Manager, Web Programmer, Web Master, Network Administrator

Tidak ada komentar:

Posting Komentar